Perbedaan Perangkat Lunak Close Source dan Open Source

Perbedaan Perangkat Lunak Close Source dan Open Source - Perbedaan dalam sistem operasi Open Source dan tutup sumber-sebelum mengetahui lebih lanjut tentang keuntungan dan kerugian dari jenis, serta contoh masing-masing sistem operasi ini, itu baik untuk perlu mengetahui apa yang disebut sistem operasi itu sendiri.

Sistem operasi adalah perangkat lunak (software) bertugas untuk mengendalikan, mengelola, kontrol dan membuat perangkat keras (hardware) dan juga sistem sistem operasi, termasuk menjalankan aplikasi perangkat lunak yang dapat digunakan oleh pengguna untuk memfasilitasi kegiatannya.

Dan sistem operasi itu sendiri ada dua jenis, yaitu sistem operasi Open Source dan dekat Source sistem operasi. Di antara kedua, what is the perbedaan?

Sistem operasi adalah Open Source dan tutup sumber

Sistem operasi Open Source
Sistem operasi Open Source Software (perangkat lunak) bahwa mana kode sumber terbuka di alam dan disediakan oleh pengembang secara umum untuk dapat dipelajari, diubah atau lebih lanjut dikembangkan dan disebarkan dan bahkan mungkin untuk memperbaiki bug atau kesalahan dalam program.

Sementara itu, jika ada pembuat software (perangkat lunak) yang tidak memungkinkan kode sumber untuk diubah dan dimodifikasi, tetapi kode sumber dari perangkat lunak benar-benar tersedia, maka itu tidak disebut sebagai sumber terbuka sistem operasi.

Perlu ditekankan di sini adalah Open Source sistem operasi, tidak selalu disediakan secara gratis, tetapi masih ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli program, seperti RedHat Linux.

Tujuan dari Open Source adalah bahkan menghilangkan ketergantungan terhadap vendor, yang mana para vendor dapat hanya bertindak dalam ringan. Open Source juga menawarkan perangkat lunak yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan menghindari mengambil keuntungan besar-besaran/berlebihan dari Vendor.

Dan perlu akan menggarisbawahi, Open Source di sini bebas tidak berarti bebas-artinya gratis, tetapi bebas untuk digunakan, dikembangkan, disebarkan dengan bertanggung jawab secara kolektif dan tidak untuk menghapus setiap hak cipta pembuat.


1. manfaat/keuntungan dari Open Source
Hukum
Simpan devisa negara
Keamanan sistem
Biaya efektif
Dukungan dari pengembang besar
Gratis untuk mengubah dan memodifikasi
Lebih aman
Kesalahan (bug, kesalahan) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki
Gratis Lisensei
Bebas dari malware
Tidak mengulangi pengembangan
2. kelemahan/kekurangan dari Open Source
Tidak ada jaminan dari pengembang
Open Source yang digunakan dalam berbagi
Kurangnya sumber daya manusia yang memanfaatkan Open Source
Kurangnya perlindungan kekayaan intelektual (IP)
Kesulitan untuk mengetahui status dari proyek
User Interface rumit untuk pengguna yang awam
3. contoh sistem operasi Open Source
UNIX
BSD
GNU Linux
Sun Solaris
Fedora
Linux Ubuntu
Knoppix
Garuda OS
Backtrack
Redhat
Mandriva
OpenSUSE
Debian
Kondra Linux
Turbo Linux
Linux Mint
Slackware

Dekat Source sistem operasi
Sistem operasi sumber menutup adalah sistem operasi yang kode tidak terbuka untuk umum, pemilik bisa dekat sumber kode didistribusikan sumber kode lisensi gratis atau membayar gengan.

Pada sistem operasi paket sumber dekat program ini tidak boleh didistribusikan lagi selain oleh penulis/Vendor program. Jika ada sebuah distribusi yang tidak dari Vendor program, maka dianggap pembajakan perangkat lunak.

1. manfaat/keuntungan dari sumber yang dekat
Kestablian dijamin sistem
Dukungan/dukungan langsung dari pemilik
Mudah digunakan
2. kehilangan/kekurangan sumber dekat
Celah yang terbuka
Keberadaan lisensi yang memerlukan bahwa pengguna memberikan dana
Pengembangan terbatas
Diperlukan antivirus
Lisensi harganya mahal
3. Tutup sistem operasi sumber contoh
MS-DOS
Windows 95
Windows 98
Windows ME
Windows NT
Windows XP
Pada Windows Server 2003
Windows Vista
Windows Server 2008
Windows 7
Windows 8
Perbedaan Perangkat Lunak Close Source dan Open Source Perbedaan Perangkat Lunak Close Source dan Open Source Reviewed by Unknown on 4.10.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.