Pengertian Open Source, Perangkat Lunak Open Source

Pengertian Open Source, Perangkat Lunak Open Source - Memahami open source dan contoh dapat Anda membaca dan memahami artikel ini. Open source adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak (software) terbuka atau gratis kode sumber dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan pengguna yang dapat melihat bagaimana cara kerja perangkat lunak serta pengguna dapat juga meningkatkan atau mengembangkan perangkat lunak untuk menjadi lebih baik lagi.



A. Apa Apakah keuntungan dari Open Source?

Keuntungan dari perangkat lunak open source yang akan diperoleh gratis atau bebas tanpa perlu membayar lisensi perangkat lunak. Dan biasanya software open source dapat diperoleh di internet, salah satu perangkat lunak sumber terbuka yang terkenal yaitu komputer sistem operasi Linux.

Perangkat lunak open source sangat baik di internet, awalnya open source di-download dari internet dan kemudian digunakan oleh orang yang memakainya dan dapat memperbaiki atau dikembangkan lagi jika ada kesalahan dalam perangkat lunak. Dan hasil dari pengembangan perangkat lunak tersebut akan dipublikasikan ke internet lagi, dan dapat digunakan oleh banyak orang. Pada saat ini sangat mudah untuk mendapatkan perangkat lunak open source di internet.

Tentu saja dalam pengembangan open source perangkat lunak melibatkan banyak sekali orang-orang dari berbagai belahan dunia, yang berinteraksi melalui dunia maya jaringan atau internet. Kemudian sebagai perkembangan teknologi lebih dan lebih sebagai fitur berbagai perangkat lunak yang dibuat berdasarkan sumber terbuka upload ke internet. Pola open source memiliki banyak develover bantalan sangat handal.

Perangkat lunak bebas atau perangkat lunak bebas berdasarkan sumber terbuka buka program ecek-ecek, tidak mengaggap yang jika perangkat lunak bebas berkualitas kurang baik. Karena ada banyak terbukti kecakapan dan keandalan perangkat lunak open source. Karena perangkat lunak bebas berdasarkan sumber terbuka telah banyak melalui proses perbaikan terus-menerus sehingga softwer nya akan lebih sempurna.


Berikut adalah beberapa contoh perangkat lunak open source yang populer, seperti di bawah:

Linux adalah sebuah perangkat lunak sistem operasi bebas dan sangat populer.
XAMPP, adalah paket perangkat lunak berguna untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk di dalamnya Apache dan MySQL (database).
Mozilla Firefox, adalah perangkat lunak yang berguna untuk menjelajahi halaman web di internet.
Paket perangkat lunak perkantoran OpenOffice, hal ini berguna untuk memanipulasi kata-kata, tabel dan database.
osCommerce, web aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk toko online.
Perangkat lunak antivirus ClamAV & ClamWin, memang.
Audacity perekaman perangkat lunak, adalah sekaligus pengolahan audio.
GIMP, foto perangkat lunak pengolah dan juga gambar digital.
VideoLAN, adalah perangkat lunak file multimedia player.
Blender, adalah sebuah program untuk pemodelan 3 (tiga) dimensi, seperti animasi dan permainan.
FileZilla, adalah jaringan yang berfungsi untuk softwere transfer file melalui protokol FTP pada jaringan komputer atau internet.
MPlayer adalah berbasis ssoftware musik player adalah sumber terbuka.
Pengertian Open Source, Perangkat Lunak Open Source Pengertian Open Source, Perangkat Lunak Open Source Reviewed by Unknown on 4.10.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.