Macam Macam Perangkat lunak dan Penjelasannya

Macam Macam Perangkat lunak dan Penjelasannya - Perangkat lunak adalah sebuah piranti lunak yang termasuk dalam bagian dari sistem komputer. Perangkat lunak yaitu sebuah program yang dapat di lihat dan digunakan manun tak dapat di setuh tidak seperti halnya perangkat keras yang dapat disentuh dan digunakan. Berikut ini adalah Macam Perangkat Lunak Komputer dan Penjelasannya.

Macam Macam Perangkat lunak dan Penjelasannya

A. sistem operasi

Adalah perangkat lunak yang mengontrol fungsi semua komponen yang terkandung dalam komputer mesin. Berikut adalah contoh dari sistem operasi:

1. Microsoft Windows
Microsoft Windows atau biasa disebut Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Bill Gates atau Microsoft Corporation CEO ketau menggunakan antarmuka Sistem Operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

Awalnya Windows mulai dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) adalah sebuah sistem operasi berbasis pada teks dan penerjemah baris perintah. Versi pertama dari Windows, Windows grafis Environmnet 1.0 adalah perangkat lunak yang bekerja pada 16-Bit arsitekstur dan tidak sistem operasi dan berlari MS-DOS, jadi untuk menjalankan memerlukan MS-DOS. MS-DOS itu sendiri sebenarnya dibuat oleh produsen komputer produk komputer Seattle dan kemudian kemudian direkrut oleh Microsoft yang kemudian membeli lisensi.

2. UNIX
UNIX adalah sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, AT&T, dikembangkan oleh Bell Labs. UNIX dirancang sebagai sistem operasi portable, Multi-Tasking dan multi-user. Sistem operasi UNIX lebih menekankan pada workstation dan server, karena kompatibilitas yang tinggi dan ketersediaan menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan besar banyak varian Unix.

3. LINUX
Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds awalnya hanya emulasi terminal yang diperlukan untuk mengakses server UNIX di Universitas. Linux adalah kloningan dari MINIX (varian UNIX), peralatan sistem dan perpustakaan yang umumnya berasal dari sistem operasi GNU. Linux memiliki banyak desain yang berasal dari desain dasar UNIX, Linux Kernel yang menggunakan Monilitik yang Linux Kernel menangani yang mengontrol negotiable, Jaringan, perangkat, dan akses file sistem. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih interface baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, grafis antarmuka pengguna (GUI grafis User Interface) yang merupakan konfigurasi default untuk versi desktop.

4. Macintosh
MAC OS atau sistem operasi Macintosh adalah sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Inc khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. Mac OS adalah sistem operasi pertama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface/GUI).

B. aplikasi Program

Adalah sebuah program yang ditulis dalam tertentu pemrograman bahasa untuk menerapkan untuk bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan adalah:

1. Microsoft Office
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket Microsoft Office aplikasi buatan dan dirancang untuk berjalan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS x. beberapa aplikasi di kantor terkemuka Microsost Word, Word dan PowerPoint.

2. adobe Photoshop
Adobe Photoshop atau Photoshop, sering disebut sebagai perangkat lunak editor sistem buatan Adobe yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan efek. Perangkat lunak ini secara luas digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga hal ini dianggap sebagai pemimpin pasar (pasar pemimpin) untuk image processing perangkat lunak foto, dan, bersama dengan Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Sistem. Versi kedelapan dari aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), sembilan versi disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop versi CS3, Adobe Photoshop CS4 kesebelas, dan versi kedua belas Adobe Photoshop CS5, dan seterusnya...

3. adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver adalah halaman web editing program Adobe Output System dulu dikenal sebagai output Macromedia Dreamweaver Macromedia. Program ini secara luas digunakan oleh pengembang web karena fitur dan kemudahan penggunaan. Versi terakhir dari Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe systems yang merupakan versi 8. Versi terakhir dari Adobe Dreamweaver Output System adalah versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (sering disingkat sebagai Adobe CS4). 

4. adobe Acrobat
Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung Portable Document Format (PDF) adalah milik dari Adobe Systems, jenis data format dokumen. Terdiri dari Adobe Reader yang hanya dapat menampilkan dan mencetak dokumen dan tersedia secara gratis, dan Adobe Acrobat untuk mengedit dokumen.

5. Google Chrome
Google Chrome adalah browser web open source yang dikembangkan oleh Google menggunakan mesin rendering WebKit. Pembukaan proyek sendiri sumber yang disebut kromium.
Versi beta untuk Microsoft Windows dirilis pada 2 September 2008 di 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sudah dirilis.

6. WinRAR
WinRAR adalah sebuah shareware pengarsipan dan kompresi oleh Eugene Roshal. Saku RAR, versi untuk Pocket PC, tersedia untuk freeware. WinRAR dapat secara dinamis mengompresi/memadatkan file yang Anda ingin untuk kompres hingga 40%, misalnya, ukuran file 100 MB dalam kompresi dengan WinRAR dapat hanya setengah (50 MB), sehingga tidak memakan jumlah penyimpanan

C. program utility

Adalah sebuah program untuk membantu sistem operasi. Berikut ini adalah contoh dari program-program utilitas: Baca juga; Pengertian Sistem Operasi GUI dan CLI dan Contohnya

1. AVAST Antivirus
Avast Antivirus adalah salah satu produsen banyak keamanan yang kita dapat bergantung pada untuk melindungi PC Anda terhadap berbagai jenis ancaman seperti malware, spyware, adware, Trojans dan banyak lagi.

2. Windows Media Player
Windows Media Player adalah pemutar musik, video dan gambar (foto) Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi terhadap file multimedia digital pemutaran format seperti Windows Media format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3) dan beberapa format multimedia digital lain. Bagian lain dari platform Windows Media, adalah layanan Media Windows (sebelumnya dikenal sebagai NetShow Server), yang berfungsi untuk mengalirkan digital multimedia data menggunakan teknologi streaming multimedia.

3. Winamp
Alat buatan pemain Winamp media adalah Nullsoft, yang sekarang merupakan cabang dari Time Warner. Winamp adalah perangkat lunak freeware atau shareware yang bisa bermain jenis audio codec dan berbagi dan juga dapat dikostumisasi.

4. FLV Player
FLV Player adalah program untuk bermain Adobe Flash Video (FLV dan h.264/MPEG-4). FLV Player mendukung lokal maupun internet streaming konten, memiliki modus layar penuh dan yang terbaik dari semua.

D. Vandal program
Malware adalah sebuah program komputer yang dibuat dengan maksud dan tujuan kelemahan utama dari perangkat lunak yang mencari. Malware umum diciptakan untuk menyusup ke atau merusak perangkat lunak atau sistem operasi.
Jenis-jenis Malware bersama dengan sebuah contoh:

1. virus
Adalah progam yang memiliki kemampuan untuk menduplikasi sendiri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak lain progam. Varian ini sering dijumpai dan sering mengganggu pengguna komputer.
Contoh Virus:
1. Lodear Trojan.
2. W32. Beagle @ mm CO.
3. backdoor Zagaban.

2 Worm.
Juga dikenal sebagai cacing. Sesuai dengan namanya, cacing dapat menyebar dengan cepat pada komputer jaringan melalui lubang (Port) terbuka. Cacing dapat juga mengalikan cepat mengakibatkan memori komputer yang tidak terpakai dari saham, sehingga komputer kecelakaan/menggantung.
Contoh cacing:
1. ADMw0rm
2. kode merah
3 LoveLetter.

3. Keylogger
Adalah sebuah program yang bertujuan untuk merekam masukan setiap dilakukan pada keyboard. Program telah direkam file atau dikenal dengan log. Umumnya ini program banyak bertebaran di komputer publik seperti kafe Internet, dan sebagainya.
Sebuah Keylogger contoh:
1. KGB kunci Logger 5.2
2. Keylogger Douglas 1.1
3. pewahyu Keylogger Free Edition 1.4

4. Trojan
Kuda Trojan atau biasa disebut trojan adalah sebuah program yang memiliki kemampuan untuk menjadi tidak terdeteksi, dan seolah-olah tidak nengubah atau kerusakan sistem. Trojan bersembunyi dengan membuka port tertentu dan tunggu diaktifkan oleh penyerang. Komputer yang telah terinfeksi dapat dikendalikan oleh seorang penyerang melalui versi clientnya.
Kuda Troya adalah malware yang pura-pura adalah program yang berguna, menghibur dan diselamatkan, tetapi di balik itu, merusak itu. Kuda Trojan ini dapat dikuasai oleh malware lainnya seperti virus, worm, spyware.
Kuda Trojan diproduksi dengan tujuan jahat. Berbeda dengan virus, Trojan Horse tidak dapat memproduksi sendiri. Secara umum, mereka diambil oleh program utilitas lain. Program utilitas yang mengandung dia, atau itu sendiri kuda Troya masquerades sebagai program utilitas.
Contoh kuda Trojan:
1. menang-Trojan/Back Orifice
2. menang-Trojan/SubSeven
3. menang-Trojan/Ecokys (Korea)

5. Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirimkan informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh pengguna ini. Informasi bisa tidak terlalu berbahaya pola seperti komputasi, PIN terutama Internet, untuk berbahaya seperti nomor kartu kredit, perbankan elektronik (e-banking) dan sandi account.
Spyware atau mata-mata perangkat lunak adalah program yang bertujuan untuk melakukan pengamatan dan memberikan informasi kepada para pembuat program kegiatan yang terjadi di komputer Anda terinfeksi.
Contoh Spyware:
1. PC perekam
2. parental Control Software
3. detektif Software

6. Adware
Adalah sebuah program Perangkat lunak yang menampilkan iklan dalam bentuk spanduk atau top-up pada komputer. Tidak semua adware adalah termasuk dalam kategori malware, karena sistem periklanan internet ada sudah banyak yang menggunakan fasilitas ini. Meskipun tidak berbahaya, tetapi program ini dapat mengganggu kenyamanan Internet. Program-program adware disertakan dalam keluarga malware yang memiliki tugas untuk menghabiskan bandwidth internet dan internet dihasilkan berjalan sangat lambat.
Contoh Adware:
1. MyWay Searchbar
2. AOL Mail
3. Ziddu
Macam Macam Perangkat lunak dan Penjelasannya Macam Macam Perangkat lunak dan Penjelasannya Reviewed by Unknown on 8.12.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.